Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Undangan Pernikahan

memilih undangan pernikahan

Infonikah.com – Memilih undangan pernikahan memang menjadi salah satu momen paling berkesan pada setiap pasangan, bagi pasangan yang belum menikah, pernikahan tentu menjadi sesuatu yang diimpikan. Pernikahan yang berkesan tentu menjadi sesuatu yang diharapkan bagi setiap pasangan, itulah mengapa banyak persiapan yang perlu dilakukan setiap pasangan agar dapat mewujudkan pernikahan impian mereka.
Salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian kamu dalam mempersiapkan pernikahan yakni undangan pernikahan. Sebelum memilih undangan pernikahankamu harus memperhatikan beberapa hal penting seperti konsep dan lainnya agar tidak salah ketika membuat undangan pernikahan. Dengan begitu kamu bisa menghindari kesalahan yang mungkin dapat mengganggu jalannya pernikahan nantinya. Oleh karena itu perhatikan beberapa hal dibawah ini sebelummemilih undangan pernikahan agar dapat mewujudkan pernikahan yang kamu impikan.
memilih undangan pernikahan

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Undangan Pernikahan

1. Sesuaikan dengan Konsep

Konsep pernikahan perlu kamu aplikasikan pada undangan pernikahan agar konsep makin terasa dalam pernikahan bahkan sebelum pernikahan. Konsep pernikahan yang kamu bawakan perlu kamu padukan dengan baik pada undangan pernikahan agar membuat undangan pernikahan tampak menarik dan tidak membosankan. Dengan begitu para tamu undangan akan semakin tertarik dan penasaran dengan acara pernikahan yang kamu selenggarakan.

2.  Memasukan Informasi dengan Padat dan Jelas

Informasi pada undangan pernikahan harus kamu masukan dengan padat dan jelas sehingga informasi dapat dibaca dengan baik dan jelas, dan yang paling penting tidak mengganggu konsep desain undangan pernikahan kamu. Kamu bisa merangkai kata yang diperlukan agar terlihat menarik dan jelas sehingga undangan pernikahan dapat memiliki informasi yang baik.
memilih undangan pernikahan

3. Memilih Konsep Undangan Pernikahan

Sebelum memilih undangan pernikahan, perlu kamu tahu ada banyak konsep undangan pernikahan yang bisa kamu pilih baik undangan yang umum maupun undangan unik dan berkesan seperti undangan pernikahan online. Dengan menggunakan undangan pernikahan online kamu dapat memberikan kesan baru serta menarik pada pernikahan.

4. Memilih Jasa yang Tepat

Jika kamu menggunakan jasa untuk membuat undangan pernikahan tentunya penting untuk memilih tempat yang tepat atau jasa yang tepat agar dapat membuat undangan pernikahan sesuai dengan apa yang kamu dan pasangan inginkan.

Penutup

Beberapa hal diatas perlu kamu perhatikan sebelum memilih undangan pernikahan agar undangan pernikahan yang kamu buat nanti sesuai dengan keinginan kamu dan pasangan. Dengan begitu undangan yang kamu berikan kepada para tamu undangan nanti bisa memberikan kesan kepada para tamu undangan.
Undangan Pernikahan Online yang unik dan menarik seperti undangan pernikahan online tentunya dapat membuat pernikahan kamu semakin tidak terlupakan, bahkan dengan konsep undangan pernikahan online ini kamu bisa mendapatkan fitur seperti buku tamu, galeri foto dan video, dan lainnya yang kemudian dapat kamu simpan dengan mudah dan aman pada device kamu.

Layanan Undangan Pernikahan Online Gratis No:1

undangan pernikahan online

Undangan Pernikahan Online – Apa yang kamu ketahui tentang tren pernikahan satu ini? Bagi yang belum tau apa itu konsep undangan pernikahan online, disini akan dibahas tuntas tentang apa itu undangan pernikahan online, bagaimana cara membuatnya, berapa biaya yang perlu dikeluarkan, bagaimana sistemnya dan masih banyak lagi.
Bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan ada baiknya untuk mengetahui konsep undangan satu ini agar tidak ketinggalan kabar dan juga tentunya dapat menjadi solusi dan rekomendasi bagi kamu yang tengah merencanakan pernikahan.

Undangan Pernikahan Online

Apa Itu Undangan Pernikahan Online

Undangan pernikahan online merupakan konsep undangan pernikahan yang kini mulai dilirik oleh para pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan. Konsep undangan ini hadir seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang membuat manusia mulai menuangkan olah pikir mereka dalam pernikahan.
Jika pada umumnya undangan pernikahan memiliki bentuk surat, yang berisikan ajakan atau undangan kepada para tamu untuk mengikuti acara akad dan resepsi pernikahan. Namun seiring berkembangnya zaman, mulai banyak bentuk undangan pernikahan yang hadir seperi undangan pernikahan yang dicetak pada media kaca, undangan pernikahan berbentuk suvenir, dan salah satunya yakni undangan pernikahan online.
Konsep undangan pernikahan online ini yakni menggunakan media komunikasi digital yang kini mulai menjadi teknologi yang berkembang begitu pesat di dunia. Informasi dapat menyebar dengan mudah kepenjuru dunia hanya dengan hitungan detik, hal tersebutlah yang menyebabkan munculnya konsep undangan pernikahan online ini.
Undangan ini memiliki bentuk yakni digital, yang disebarkan secara digital menggunakan media digital dan komunikasi, seperti itulah gambaran simpelnya tentang konsep undangan pernikahan ini.

Manfaat Undangan Pernikahan Online

Manfaat dari undangan pernikahan ini tidak jauh berbeda dengan undangan pernikahan pada umumnya yakni untuk mengabarkan dan memberikan undangan kepada para tamu agar dapat menghadiri acara pernikahan kamu.
Sehingga undangan pernikahan ini juga memiliki peranan dan fungsi yang sama dengan undangan pernikahan pada umumnya.

Kelebihan Undangan Pernikahan Online

Jika manfaat dari undangan pernikahan online tidak berbeda dengan undangan pada umumnya, namun undangan pernikahan ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh konsep undangan pernikahan lainnya, yakni diantaranya:
Undangan BIaya Murah - Pernikahan Online Gratis

1. Biayanya yang Murah

Salah satu kelebihan utama dari undangan pernikahan online ini yakni biaya produksinya yang murah, bahkan berkali-kali lipat dibandingkan dengan undangan pernikahan biasanya. Hal ini menjadi faktor utama yang membuat banyak pasangan mulai tergiur untuk menggunakan konsep undangan seperti ini pada acara pernikahan mereka.
Biaya yang murah ini diakibatkan oleh tidak adanya biaya cetak yang diperlukan untuk membuat undangan. Biaya yang perlu dikeluarkan yakni hanya biaya seperti jasa desain, jasa website, dan kouta data.
Bahkan biaya tersebut bisa lebih kamu minimkan misalnya dengan menggunakan desain pribadi atau desain gratisan yang bisa kamu temukan dengan mudah di Internet. Untuk kouta sendiri bahkan kamu tidak memerlukan kouta hinga bergiga-giga untuk membuat undangan ini.
Setelah undangan jadi, undangan dapat dengan mudah kamu gandakan dan sebarkan kepada para tamu undangan, hal inilah yang menjadikan faktor penyebab murahnya biaya produksi dari undangan pernikahan ini.
Banyak pasangan yang terbantu dengan adanya konsep undangan pernikahan online ini, terlebih lagi bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan dengan konsep low budget, dengan menggunakan konsep undangan seperti ini kamu bisa menyisihkan biaya untuk bermulan madu lebih banyak lagi atau untuk kebutuhan lainnya setelah menikah.

2. Prosesnya yang Mudah

Kelebihan berikutnya yang dimiliki undangan pernikahan ini yakni prosesnya yang mudah, hal tersebut karena seluruh kegiatan bisa kamu lakukan dengan online. Kemudahan ini membuat banyak pasangan yang terbantu karena dalam menyiapkan pernikahan sendiri memang tidak semudah membayangkannya.
Untuk membuat undangan pernikahan ini kamu hanya perlu melakukan semuanya secara online seperti memilih website penyedia undangan pernikahan online, menggunakan jasa desain undangan pernikahan yang kamu pesan online, melakukan pembayaran dengan aman melalui online, dan bahkan membagikannya secara online kepada para tamu undangan.
Kemudahan seperti itu tentunya sangat membantu para pasangan dalam menyiapkan pernikahan yang mereka idamkan.

3. Konsepnya yang Unik

Kelebihan berikutnya dari undangan pernikahan online ini yakni konsepnya yang unik dan berbeda. Kamu bisa mendapatkan undangan pernikahan dalam bentuk yang unik seperti website, video, dan foto yang dapat kamu kreasikan sekreatif mungkin sehingga undangan pernikahan dapat semakin menarik dan unik.
Hal ini menjadi faktor penting mengapa undangan pernikahan ini banyak digemari karena walaupun biaya produksinya yang murah, namun kualitas serta nilai dari undangan yang kamu dapatkan tetap berkesan bahkan lebih berkesan baik bagi kamu dan pasangan maupun bagi para tamu undangan.
Dengan begitu konsep undangan pernikahan low budget juga dapat memberikan kesan yang tidak kalah dengan pernikahan dengan budget yang tinggi. Jadi pernikahan kamu dan pasangan tetap menjadi pernikahan yang layak seperti pernikahan yang kamu impikan.
Undanganramah lingkungan - Pernikahan Online Gratis

4. Ramah Lingkungan

Kelebihan yang juga tidak kalah penting dari konsep undangan pernikahan ini yakni ramah lingkungan karena undangan memiliki bentuk digital dari proses pembuatan hingga proses penyebarannya kepada para tamu undangan.
Tidak ada bahan kertas yang perlu dikeluarkan untuk mencetak, tidak ada limbah tinta yang dikeluarkan yang tentunya dapat mendukung gerakan menjaga lingkungan, terlebih lagi banyaknya pernikahan yang dilangsungkan di seluruh dunia setiap tahunnya, tentu saja dengan sistem seperti ini maka lingkungan akan semakin terjaga.

5. Tidak Ada Batasan Ruang dan Waktu

Karena undangan pernikahan ini menggunakan teknologi komunikasi yang sudah sangat maju memungkinkan pasangan dapat menyebarkan undangan ini kemanapun tanpa adanya batasan ruang dan juga kapanpun karena tidak adanya batasan waktu.
Dengan begitu kamu bisa mengabarkan kepada kerabat maupun sahabat yang berada jauh bahkan diluar negara sekalipun. Tentunya mereka akan merasa ikut bahagia dengan kabar yang kamu bagikan.

Bentuk Undangan Pernikahan Online

undangan video - Undangan Pernikahan Online Gratis

1. Undangan Video

Bentuk dari undangan pernikahan online yang pertama yakni undangan dalam bentuk video. Dengan bentuk undangan video ini kamu lebih bisa berekspresi dalam membuat undangan pernikahan kamu yang keren dan sesuai dengan impian.
Tidak hanya itu, tamu undangan yang menerima undangan pernikahan kamu pun juga dapat merasakan hal yang sama karena indera visual akan lebih termanjakan dengan bentuk video pada undangan pernikahan.
Tentunya agar dapat membuat para tamu undangan tidak bosan ketika menonton video, kamu bisa membuat durasi video tidak terlalu panjang misalnya 1-3 menit, dengan begitu para tamu tidak memerlukan waktu yang lama untuk melihat video.

2.  Undangan Gambar

Bentuk undangan pernikahan ini yang berikutnya yakni undangan dalam bentuk gambar, dimana pada dasarnya undangan gambar ini tidak jauh berbeda dengan undangan pada umumnya, namun karena media yang digunakan membuat kita bisa lebih bebas dalam menuangkan keinginan.
Dengan media digital kamu bisa menuangkan berbagai konsep desain yang kamu inginkan karena desain tersebut dapat kamu realisasikan pada undangan pernikahan nantinya. Bahkan kamu juga bisa membuat gambar tersebut menjadi lebih interaktif dengan menambahkan unsur gerak dan membuatnya menjadi format gif.
Jadi undangan tidak hanya dilihan diam saja, namun juga dapat memberikan efek-efek yang kamu inginkan sehingga undangan pernikahan menjadi semakin menarik dan tentunya unik. Terlebih lagi desain yang kamu pilih jika kamu bisa memaksimalkannya tentu akan membuat undangan menjadi semakin berkesan bagi kamu dan juga para tamu undangan

3. Undangan Website

Dan bentuk undangan pernikahan online berikutnya yakni dalam bentuk website, undangan dalam bentuk website ini dapat dikatakan undangan dengan paket lengkap. Hal tersebut karena penyedia website undangan pernikahan online umumnya memberikan banyak fitur menarik kepada para pasangan misalnya kamu bisa membuat undangan gambar dan video, kemudian para tamu undangan bisa mengakses menu lainnya seperti galeri pernikahan, mengisi buku tamu, memberikan ucapan selamat, dan lainnya.
Itulah mengapa undangan dalam bentuk website ini merupakan paket lengkap, dengan membayar tarif yang disediakan setiap website dan melakukan proses-proses lainnya yang diperlukan kamu dapat membuat undangan menjadi semakin unik dan menarik. Bahkan kamu juga bisa menyimpan undangan tersebut sehingga dapat menjadi kenangan yang tentunya tidak akan terlupakan.

Fitur Undangan Pernikahan Online Berbentuk Website

Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan dari undangan pernikahan dalam bentuk website ini antara lain yakni
·   RSVP, fitur ini memungkinkan kamu mendapatkan konfirmasi kehadiran para tamu undangan pada acara pernikahan
·   Galeri, dengan fitur ini kamu bisa membagikan seluruh foto maupun video yang ingin kamu bagikan kepada para tamu undangan agar mereka juga dapat merasakan kebahagiaan yang kamu alami sekarang
·   Backsound, para tamu juga dimanjakan dengan adanya iringan lagu yang diputar pada website ketika mereka membuka undangan, dan tentunya lagu tersebut bisa kamu sesuaikan sesuai dengan selera kamu dan pasangan
·   Kisah, kamu juga bisa membagikan cerita kamu dengan dia menggunakan fitur ini sehingga sedikit banyak para tamu dapat mengenal kamu dan pasangan lebih dekat lagi.
·   Google Maps, fitur berikutnya yang juga tidak kalah penting yakni lokasi, dimana para tamu bisa dengan mudah mendapatkan lokasi atau arah jalan menuju tempat pesta pernikahan kamu.
·   Buku Tamu, dengan fitur ini kamu dapat dengan mudah melihat tamu yang hadir pada pernikahan kamu dan juga tentunya melihat pesan-pesan yang mereka berikan dengan jelas.
·   Live Streaming, dengan fitur ini tentunya dapat sangat berguna bagi para pasangan yang melangsungkan pernikahan di masa pandemi sekarang ini. Para tamu yang tidak dapat berhadir dapat menyaksikan kebahagiaan dan hadir secara tidak langsung menggunakan fitur live streaming ini.
·   Hitung Mundur, dan fitur yang juga tidak kalah penting yang membuat undangan kamu terasa makin ekslusif yakni adanya hitungan mundur sebagai pengingat dari acara pernikahan kamu yang didapat para tamu undangan.

Cara Membuat Undangan Pernikahan Online

Pada dasarnya membuat undangan pernikahan online ini bisa kamu lakukan sendiri jika kamu ingin meluangkan sedikit waktu untuk membuatnya.
Ada berbagai aplikasi desain digital yang bisa kamu gunakan untuk membuat undangan digital dalam bentuk gambar maupun video. Jika kamu merasa memiliki waktu yang cukup dan bisa membuat undangan kamu sendiri, tentunya tidak ada salahnya untuk membuat undangan pernikahan online sendiri.
Bahkan kamu juga bisa membuat undangan pernikahan tersebut hanya melalui hp kamu menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia untuk melakukan desain gambar dan video undangan pernikahan yang kamu inginkan.
Untuk membuat undangan pernikahan online pada sebuah website caranya yakni dengan memilih website penyedia undangan online baik yang gratis maupun premium, kemudian melakukan proses yang diperlukan seperti memilih template, kemudian menginput data yang diperlukan dan hal lainnya, dan apabila kamu memilih paket premium tentunya kamu harus melakukan pembayaran agar dapat mengaksesnya.
Itulah mengapa banyak pasangan yang terbantu dengan kemudahan yang diberikan dari konsep undangan pernikahan online ini karena semuanya bisa kamu lakukan secara digital atau online tanpa perlu susah payah keluar rumah.

Tips Membuat Desain Undangan Pernikahan Online

Bagi kamu yang memutuskan untuk memilih konsep undangan pernikahan online, tentunya kamu diberikan kebebasan dalam menuangkan kreasi kamu pada undangan pernikahan tersebut. Kamu bisa menggunakan berbagai desain default yang disediakan atau dengan membuat desain kamu sendiri agar lebih ekslusif.
Beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam membuat desain undangan pernikahan online yakni

1. Memilih Konsep

Hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan yakni mengenai konsep yang ingin kamu bawakan, apabila pernikahan kamu memiliki konsep tertentu tentunya konsep tersebut bisa diaplikasikan pada desain undangan pernikahan. Dengan begitu undangan pernikahan bisa memiliki nuansa yang sama dengan konsep pernikahan yang kamu bawa.

2. Memilih Warna

Warna pada undangan pernikahan juga menjadi point penting, karena setiap warna memiliki makna dan kesannya tersendiri, sehingga kamu harus bisa memadukan warna dengan baik agar undangan pernikahan menjadi makin menarik.

3. Memilih Font

Hal penting lainnya yakni mengenai font yang ingin kamu gunakan pada undangan pernikahan dalam bentuk gambar maupun video. Jangan sampai font yang kamu gunakan tidak cocok dengan konsep desain yang kamu gunakan pada undangan. Font juga memiliki makna dan kesannya tersendiri yang dapat kamu padukan agar membuat desain makin terlihat menarik.
Berbagai hal lainnya juga bisa kamu tambahkan sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu, namun hal yang perlu diperhatikan yakni kepaduaan dari berbagai hal yang kamu berikan, dengan begitu undangan akan terlihat menarik dan bukan terkesan berlebihan.

Penutup

Gimana apakah kamu ingin memutuskan untuk menggunakan konsep undangan pernikahan online pada pernikahan kamu setelah membaca secara detail mengenai undangan pernikahan online ini. Ada banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan undangan ini seperti yang telah disebutkan diatas.
Tentunya kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keperluan kamu dan tentunya juga selera kamu dan pasangan, dengan begitu undangan yang kamu buat bisa berkesan hingga kehari tua nanti.
Konsep undangan pernikahan online ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan, tentunya dengan pertimbangan dari berbagai hal yang telah dipaparkan diatas. Kamu bisa mulai menentukan dan merancang konsep undangan yang kamu inginkan jika sudah mantap dengan pilihan kamu untuk menggunakan konsep undangan pernikahan online.
Tidak hanya akan menjadi undangan yang berkesan bagi kamu dan pasangan, tentunya memiliki makna dan arti yang lebih bagi para tamu undangan juga penting untuk diperhatikan, dengan konsep undangan pernikahan online ini kamu bisa mendapatkan keduanya.

Persiapan Pernikahan Adat Batak yang Paling Penting

Persiapan Pernikahan Adat Batak

Persiapan Pernikahan Adat Batak – Pernikahan adat terutama adat batak adalah salah salah satu pernikahan yang kerap kali mendapatkan banyak sorotan ketika di selenggarakan. Hal itu karena, pernikahan adat batak ini sering kali di selenggarakan secara besar-besaran. Pernikahan itu juga semakin meriah karena biasanya ada banyak keluarga serta kerabat yang di undang ke pernikahan.
Selain perayaan pernikahan yang meriah, tentu saja Persiapan Pernikahan Adat Batak yang harus di lakukan juga tidak boleh asal-asalan. Pernikahan adat batak juga di kenal memiliki persiapan yang cukup panjang dan harus di perhatikan secara teliti. Nah, berikut ini adalah beberapa persiapan pernikahan adat batak yang paling penting.
Persiapan Pernikahan Adat Batak

Persiapan Pernikahan Adat Batak

Gaun Pernikahan
Biasanya gaun yang akan di kenakan oleh mempelai wanita adalah kebaya sedangkan pria mengenakan jas. Untuk membuat sebuah kebaya sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu belum tentu juga tukang jahit yang kita inginkan juga masih tersedia.
Sedangkan jas untuk pengantin pria memang tidak begitu sulit menemukan penjahit yang tepat, namun tetap saja proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itulah, sebaiknya mempersiapkan hal ini beberapa bulan sebelum waktu pernikahan di selenggarakan.
Tumtuman atau Songket
Dalam berbagai perayaan batak, tumtuman atau bisa di sebut juga songket ada;ah salah satu aksesoris yang wajib ada. Apalagi untuk perayaan besar seperti pernikahan, kebanyakan para pengantin baik pria maupun wanita akan memakai tumtuman. Tentu ada banyak alasan mengapa harus menggunakan tumtuman.
Salah satu alasannya adalah untuk menambah kesan etnik batak para perayaan pernikahan. Untuk membuat sebuah tumtuman juga di butuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka di sarankan bagi pengantin yang ingin mengenakan tumtuman harus membuatnya beberapa bulan sebelum pesta pernikahan.
Salon Pengantin
Setiap pasangan pengantin tentu menginginkan jika mereka menjadi pasangan yang paling cantik dan juga tampan di hari bahagia tersebut. Oleh sebab itu salon atau perias pengantin sangat di butuhkan guna untuk merias pengantin supaya terlihat menarik di mata para tamu undangan.
Alangkah baiknya, jauh sebelum pesta pernikahan di selenggarakan kamu telah booking salon atau perias pengantin. Hal ini di lakukan untuk menghindari tanggal yang sama dengan orang lain.
Undangan Pernikahan
Meski terdengar sepele, namun nyatanya untuk memilih undangan pernikahan tidaklah mudah. Biasanya calon pengantin dan keluarga akan di buat bingung untuk memilih desain dari kartu undangan. Selain itu saat ini juga ada banyak pilihan kartu undangan selain berbentuk fisik yaitu kartu undangan online.
Nah, itu tadi adalah beberapa hal paling penting dalam persiapan pernikahan adat batak. Demi kelancaran pesta pernikahan tentu berbagai hal harus di perhatikan secara menyeluruh agar tidak terjadi hal-hal yang tak di inginkan ketika perayaan tengah di selenggarakan.
Persiapan Pernikahan Adat Batak

Status Hukum Nikah Siri Dalam Islam

Hukum Nikah Siri Dalam Islam

Hukum Nikah Siri Dalam Islam – Dalam agama islam kita mengenal yang namanya nikah siri atau bisa di sebut juga dengan nikah di bawah tangan. Nikah siri kerap kali menjadi sebuah pembahasan yang menarik terutama untuk masalah status hukum nikah tersebut baik dalam agama islam maupun dalam hukum pemerintah.
Meskipun nikah siri memiliki banyak sekali risiko seperti sengketa pernikahan, hak waris dan lain sebagainya yang di urus oleh pengadilan agama, karena tidak adanya bukti buku nikah. Namun tetap saja ada orang-orang yang memilih nikah siri karena berbagai alasan seperti ingin serta praktis, terganjal restu orangtua, terjepit masalah ekonomi dan lain sebagainya.
Hukum Nikah Siri Dalam Islam

Status Hukum Nikah Siri Dalam Islam

Umumnya masyarakat Indonesia memiliki dua pendapat mengenai nikah siri, ada yang membolehkan ada pula yang melarangnya karena berbagai alasan. Namun sebenarnya masalah nikah siri ini sudah sejak lama di bahas oleh para ulama MUI. Berikut ini adalah fatwa MUI mengenai status hukum nikah siri dalam agama islam.
Fatwa MUI Tentang Nikah Siri
Meskipun nikah siri sah secara agama, namun nikah siri tidak memiliki kekuatan hukum. Karena tidak adanya kekuatan hukum maka baik istri maupun anaknya memiliki potensi menderita akibat dari pernikahan tersebut.
Kebanyakan pernikahan siri yang di lakukan lebih banyak mendatangkan dampak negatif ketimbang positifnya terhadap istri maupun anak yang di lahirkannya. Terkain masalah hak-hak seperti nafkah maupun hak waris dari ayahnya.
Status Hukum Nikah Siri Dalam Islam
Tuntutan hak-hak tersebut, seringkali menimbulkan sengketa dan permasalahan. Sebab tuntutan akan sulit untuk penuhi karena tidak adanya catatan maupun bukti resmi pernikahan yang sah. Untuk menghindari kemudaratan, maka ulama MUI sepakat jika sebuah pernikahan harus di catat secara resmi dalam sebuah lembaga yang berwenang.
MUI telah mengeluarkan fatwa mengenai pernikahan siri dalam sebuah hasil ijtihad Ulama se-Indonesia ke-2. MUI berpendapat jika tujuan pernikahan itu sangat mulur dan mulia tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan nafsu saja, yaitu hanya memenuhi kebutuhan nafsu sek aja.
MUI juga pernah mengeluarkan fatwa mengenai pernikahan online pada tahun 2005. Menurut fatwa MUI praktik pernikahan siri secara online tidak di benarkan dalam ajaran agama islam dan masuk ke dalam kategori haram.
Keharaman tersebut karena tidak adanya rangkaian upacara pernikahan seperti yang di ajarkan dalam agama islam. Nikah siri saja sudah melanggar Undang-Undang dan hal itu bisa di laporkan ke KUHP, meskipun itu di anggap sah.
Demikianlah uraian mengenai status hukum nikah siri dalam islam. Meskipun nikah iri dalam agama islam di anggap sah, namun banyak sekali kemudaratan di dalamnya. Maka dari itu menikah secara resmi sangat di anjurkan.
 

Tata Cara Pernikahan Adat Jawa yang Penuh Makna

Tata Cara Pernikahan Adat Jawa

Tata Cara Pernikahan Adat Jawa – Indonesia sendiri di kenal sebagai bangsa uang memiliki suku serta adat istiadat yang beragam. Setiap adat pasti memiliki ciri khas yang tidak ada pada adat lainnya. Begitu pula dengan adat jawa yang saat akan makna di setiap prosesinya, terutama pada saat prosesi pernikahan.
Pernikahan adat jawa sendiri bisa di bilang cukup sering di jumpai. Bahkan ada banyak publik figure yang menggunakan konsep adat jawa pada saat pesta pernikahannya. Nah, bagi kamu dan pasangan yang ingin menikah dengan menggunakan adat jawa berikut ini kamu akan menguraikan tata cara pernikahan adat jawa yang penuh makna.
Tata Cara Pernikahan Adat Jawa

Tata Cara Pernikahan Adat Jawa

Serah-Serahan
Tahapan pertama Tata Cara Pernikahan Adat Jawa  adalah keluarga calon mempelai pria mendatangi kediaman dari keluarga calon mempelai wanita. Tujuannya adalah untuk melamar putri dari keluarga tersebut untuk di jadikan sebagai istri dari putra mereka. Biasanya keluarga dari calon mempelai pria akan membawa seserahan untuk di berikan kepada keluarga dari calon mempelai wanita.
Siraman
Tujuan dari ritual ini adalah untuk membersihkan jiwa dari pengantin. Di selenggarakan sebelum prosesi akad nikah dan biasanya akan di lakukan di kediaman calon mempelai wanita. Urutan prosesinya adalah kedua mempelai akan meminta doa restu dari kedua orang tua dan kemudian akan duduk di tikar pandan kemudian akan di siram oleh pinisepuh.
Paes atau Ngerik
Persis setelah siraman, upacara paes di lakukan di kamar calon mempelai wanita. Selain mempelai wanita, ibu dari mempelai wanita juga akan mengikuti upacara ini. Sedangkan yang di maksud dari ngerik adalah menghilangkan bulu-bulu halus yang ada di wajah mempelai wanita.
Dodol Dawet
Upacara Tata Cara Pernikahan Adat Jawa berikutnya adalah doodol dawet atau menjual dawet. Yang akan berperan sebagai penjual adalah ibu dari calon mempelai wanita dan akan di payungi oleh suaminya. Sedangkan pembelinya adalah saudara serta tamu yang hadir di acara tersebut.
Midodareni
Upacara ini biasanya di langsungkan pada malam hari setelah upacara siraman. Tujuan dari upacara ini adalah untuk mempercantik sang calon mempelai wanita.
Upacara Panggih
Dalam upacara ini calon mempelai pria akan datang bersama rombongannya ke kediaman calon mempelai wanita. Di sisi calon mempelai pria akan ada dua orang yang mendampingi dan masing-masing akan membawa kembang mayang dan sanggan yang di bungkus daun pisang. Nantinya sanggan akan di berikan ke keluarga calon mempelai wanita sedangkan kembang mayang akan di taburkan di luar area rumah dari calon mempelai wanita.
Upacara Balangan Suruh
Upacara yang terakhir adalah balangan suruh. Di mana kedua mempelai akan berdiri berhadapan dengan jarak lima langkah. Kedua mempelai akan saling melemparkan ikatan daun sirih yang di isi oleh kapur sirih dan di ikat dengan benang.
Tata Cara Pernikahan Adat Jawa
Nah, itulah tata cara pernikahan adat awa yang penuh akan makna. Setiap upacara yang di lakukan memiliki makna tersendiri yang tentunya akan membawa kebaikan untuk kedua mempelai beserta keluarganya.
 

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Agar Membuat Pernikahan Berkesan

Membuat Pernikahan Berkesan

Membuat Pernikahan Berkesan – Setiap pasangan tentunya ingin membuat pernikahan yang mereka nantikan berlangsung dengan lancar dan bahkan berkesan baik bagi mereka, keluarga, teman, bahkan para tamu undangan lainnya.
Berbagai persiapan dilakukan oleh setiap pasangan untuk membuat pernikahan mereka dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut tentunya menguras banyak tenaga dan waktu bahkan biaya bagi setiap pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan.
Namun tentu saja Membuat Pernikahan Berkesan semua itu merupakan hal yang wajar dan akan terbayarkan nanti ketika hari pernikahan telah tiba, disaat dimana kamu dan pasangan berdiri dengan senyum yang lebar melambangkan kebahagiaan yang tidak terkira.
Membuat Pernikahan Berkesan

Membuat Pernikahan Berkesan

Membuat Pernikahan Berkesan penting adanya untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat acara pernikahan berkesan.
1. Konsep Pernikahan
Konsep pernikahan bagi sebagian besar pasangan merupakan hal yang penting, karena setiap pasangan tentunya memiliki konsep sendiri yang ingin mereka bawakan yang membuat pernikahan mereka dapat memberikan kesan.
Oleh karena itu hal ini perlu dipersiapkan jauh hari sebelum melangsungkan pernikahan. Kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan pasangan maupun WO atau Weeding Organizer kamu, agar nantinya konsep yang kamu inginkan dapat diwujudkan dengan matang.
2. Memilih Catering
Dalam pesta tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang umum hadir, begitupula pada acara pernikahan. Memilih catering yang tepat penting untuk kamu lakukan agar dapat memberikan kesan yang baik kepada para tamu undangan. Pertimbangan yang diperlukan misalnya seperti jenis menu, rasa, penampilan, dan hal lainnya.
3.Tempat Pernikahan
Dalam memilih tempat untuk melangsungkan pernikahan tentunya perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan misalnya yakni jumlah undangan, konsep yang dibawakan, ataupun hal lainnya yang penting bagi masing-masing pasangan.
Memilih tempat yang pas tentunya akan membuat keberlangsungan jalannya acara pernikahan semakin besar. Dengan begitu acara pernikahan bisa berlangsung dengan hikmat dan berkesan baik bagi pasangan maupun para tamu undangan.
4. Pakaian Pengantin
Membuat Pernikahan Berkesan selanjutnya adalah, Bagi setiap pasangan terlebih lagi mempelai wanita, pakaian atau gaun penganting merupakan hal penting bahkan diimpikan. Tentunya para mempelai ingin tampil dengan penampilan maksimal mereka diacara yang istimewa ini. Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan hal ini sebaik mungkin dengan mempertimbangkan berbagai hal yang perlu dipertimbangkan seperti tanggal pelaksanaan, konsep pernikahan, maupun ukuran tubuh pengantin.
Membuat Pernikahan Berkesan
5. Undangan Pernikahan
Hal berikutnya yang juga menjadi faktor penting Membuat Pernikahan Berkesan  yang perlu diperhatikan agar membuat pernikahan semakin berkesan yakni undangan pernikahan. Memilih konsep undangan pernikahan yang tepat dan sesuai penting untuk dilakukan, misalnya konsep undangan pernikahan online akan sangat cocok bagi para pasangan muda sekarang.
Bahkan berbagai kelebihan undangan pernikahan online dapat memanjakan para pasangan misalnya seperti biaya yang dikeluarkan bisa berkali-kali lipat lebih murah dibandingkan undangan konvensional, dan hal lainnya.

Alasan Mengapa Perlu Memilih Undangan Pernikahan Online

Memilih Undangan Pernikahan Online

Memilih Undangan Pernikahan Online – Pernikahan sejatinya merupakan sesuatu yang ditunggu oleh setiap pasangan, dimana pada saat itu mereka melangsungkan akad atau janji pernikahan yang mempersatukan dua manusia untuk mengarungi rumah tangga bersama.
Bagi setiap pasangan tentunya mereka ingin memberikan yang terbaik pada pernikahan mereka, dimana berbagai persiapan mereka lakukan sebaik mungkin agar dapat membuat acara nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Memilih Undangan Pernikahan Online
Salah satu hal yang juga menjadi perhatian para pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan yakni Memilih Undangan Pernikahan Online untuk para tamu. Banyak pasangan yang mungkin masih terlalu kaku dengan menggunakan sistem konvensional untuk undangan pernikahan mereka yakni undangan pernikahan yang dicetak.
Tren undangan pernikahan online atau digital kini mulai marak diminati seiring dengan perkembangan dunia teknologi. Dengan menggunakan media komunikasi yang sudah pesat berkembang ini, para pasangan yang ingin melangsungakan pernikahan bisa memberikan undangan kepada para tamu melalui bentuk digital.
Ada banyak alasan yang bisa merubah pikiran kamu untuk memilih konsep undangan pernikahan online beberapa diantaranya yakni:
Memilih Undangan Pernikahan Online

Alasan Memilih Undangan Pernikahan Online

1. Biaya yang Terjangkau
Biaya yang diperlukan untuk mencetak undangan pernikahan terbilang besar, terlebih lagi ketika tamu yang ingin diundang banyak, tentu biaya yang dikeluarkan pun akan semakin besar. Oleh karena itu undangan pernikahan online bisa menjadi solusi karena dengan biaya yang terjangkau bahkan berkali-kali lipat dibandingkan undangan pernikahan konvensional, kamu bisa mendapatkan undangan pernikahan yang unik bahkan berkesan.
2. Konsep Unik
Memilih Undangan pernikahan online atau digital ini memiliki konsep yang unik, karena dengan menggunakan media digital kamu bisa dengan leluasa membuat undangan pernikahan dalam bentuk yang lebih beragam seperti foto, maupun video. Penyedia jasa undangan pernikahan online pun umumnya menyediakan layanan yang memanjakan seperti undangan ekslusif bagi para tamu, galeri-galer foto maupun video yang bisa dilihat para tamu, atau fitur unik lainnya. Dengan begitu konsep undangan pernikahan digital ini akan lebih menarik dan berkesan bagi para pasangan dan juga tamu undangan.
3. Sistem yang Mudah
Kemudahan yang diberikan oleh undangan pernikahan online ini juga memanjakan para pasangan. Dengan proses yang seluruhnya online kamu bisa dengan mudah memesan dan mendapatkan undangan pernikahan tanpa perlu keluar banyak waktu dan tenaga serta biaya.
4. Bentuk Peduli Lingkungan
Karena tidak menggunakan kertas untuk melakukan proses pencetakan tentunya Memilih Undangan Pernikahan Online ini merupakan salah satu bentuk peduli lingkungan yang bisa dilakukan. Terlebih lagi setiap harinya pastinya ada banyak pasangan yang melangsungkan acara pernikahan dan tentunya apabila konsep undangan pernikahan online ini dipilih oleh setiap pasangan maka akan banyak penghematan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan kita tercinta ini.