Kategori
Infonikah

Arti dari Hadist Nikahilah Wanita Karena Agamanya

Nikahilah Wanita Karena Agamanya, bukan karena kecantikannya, karena kecantikannya akan pudar seiring waktu/umur yang berlalu, bukan karena hartanya karena hartanya akan mudah habis jika disalah gunakan, bukan karena kedudukan atau jabatannya, karena kedudukan itu juga sementara, semua sementara. Oleh sebab itu Nikahilah Wanita karena agamanya.

Lalu apakah tidak boleh menikahi wanita cantik! maksudnya adalah janganlah kamu membatasi pada kecantikannya saja, karena itu bukan point utama saat kamu memilih istri. Nikahilah Wanita Karena Agamanya Kalau Tidak Kamu akan Celaka, maksud dari “Akan Celaka” adalah jika kamu tidak menikahi wanita karena agamanya maka kamu tidak akan bahagia.

Nikahilah Wanita Karena Agamanya

Nikahilah Wanita Karena Agamanya

Nikahilah Wanita yang baik Agamanya Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari : 4700. Yang menjelaskan nikahi wanita karena 4 hal.

Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena keturunanya, karena kecantikannya dan karena agamanya.

Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung.

Pesan yang disampaikan :

Nikahilah Wanita Karena Agamanya Janganlah kamu menikahi wanita karena wajahnya, hartanya atau keturunannya saja. Tapi carilah wanita yang memiliki ilmu agama yang baik dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena wanita itu kelak akan menjadi ibu dari anak-anakmu.

Nikahilah Wanita Karena Agamanya

Kumpulan Hadits dan Riwayat Nabi Seputar Menikahi Wanita Karena Agamanya :

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu (QS. Al-Hujuraat/49:13)

Abdullah bin ‘Amr secara marfu’

Jangan menikahi wanita karena kecantikannya, karena bisa jadi kecantikannya itu akan memberukkannya dan jangan menikahi wanita karena hartanya, bisa jadi hartanya membuatnya melampaui batas. Tetapi nikahilah wanita atas perkara agamanya. Sungguh hamba sahaya wanita yang sebagian hidungnya terpotong lagi berkulit hitam tapi taat beragama adalah lebih baik (HR. Ibu Majah no.1859)

Syaikh al-‘Azhim Berkata

Makna’fazhtar bidzaatid diin (ambillah yang mempunyai agama) bahwa yang pantas bagi orang yang mempunyai agama dan adab yang baik ialah agar agama menjadi pertimbangan dalam segala hal. Terutama yang bersangkutan dengan pendamping hidup. Oleh karena itu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan perintah supaya mencari wanita yang beragama sebagai ujung pencarian.

Imam Ahmad mencerikan riwayat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

Kebahagiaan manusia ada tiga yaitu  wanita shalihah, tempat tinggal yang baik dan kendaraan yang baik. Sedangkan kesengsaraan manuasia ialah Wanita yang buruk (perangainya), tempat tinggal yang buruk dan kendaraan yang buruk (HR. Ahmad 1/168 dengan sanad yang shahih)

Ibnu Majah menceritakan riwayat dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

Seorang mukmin tidak mengambil manfaat sesudah takwa kepada Allah yang lebih baik dibanding wanita yang shalihah. Jika memerintahnya, ia mentaati. Jika memandangnya, ia membuat senang. Jika bersumpah terhadapnya, ia memenuhi sumpahnya. Jika bepergian meninggalkannya, maka ia tulus dengan menjaga dirinya dan harta suaminya (HR. Ibnu Majah no.1857 didha’ifkan oleh Syaikh al-Albani dalam al-Misykaah no.3095.

Ibnu Majah menceritakan riwayat dari Tsauban :

Ketika turun ayat Al-Qur’an mengenai perak dan emas, mereka bertanya ‘Lalu harta apakah yang harus digunakan?’. Umar berkata : aku akan memberitahu kepadamu mengenai hal itu, lalu dia menyusul Nabi dengan mengendarai unta. Lalu bertanya ‘Wahai Rasullullah, harta apakah yang kita gunakan?’. Rasullulah menjawab : “Hendaklah salah seorang dari kalian mempunyai hati yang bersyukur, lisan yang berdzikir, dan istri beriman yang dapat memberikan motivasi dari kalian atas perkara akhirat (Ibnu Majah no.1856 yang dishahihkan oleh Syekh al-Albani)

Sekian informasi mengenai Nikahilah Wanita Karena Agamanya semoga bermanfaat 🙂

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *