Kategori
Infonikah

5 Tujuan Pernikahan dalam Islam yang Perlu Diketahui

Tujuan Pernikahan dalam Islam – Pernikahan memang selalu menjadi topik pembicaraan yang menarik. Terutama untuk pasangan kekasih yang ingin serius untuk menuju ke jenjang yang lebih serius pasti pernikahan menjadi topik yang selalu di bicarakan setiap hari.

Dalam hal ini masing-masing pasangan harus mengetahui jika pernikahan merupakan hal yang sakral dan perlu di pikirkan dengan matang. Maka dari itulah, setiap pasangan perlu mengetahui tujuan dar pernikahan itu.

Nah, di artikel ini kamu ingin membahas seputar apa saja tujuan pernikahan dalam islam yang perlu setiap calon pasangan pengantin ketahui.

Tujuan Pernikahan dalam Islam

Tujuan Pernikahan dalam Islam

Menjalankan Sunah Rasul

Tujuan utama dari pernikahan yang pertama adalah untuk menjalankan tuntunan Rasul. Seperti yang kita tahu jika pernikahan merupakan salah satu tuntunan yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam hal ini pernikahan akan membantu seorang mukmin untuk menghindari perbuatan yang keji dan kotor yang hanya akan merendah martabat manusia.

Memenuhi Tuntutan Naluri Manusia

Setiap manusia pasti memiliki naluri atau nafsu yang tidak dapat di hilangkan namun bisa di kendalikan. Di ketahui, manusia tidak hanya dianugrahi akal perasaan saja melainkan manusia juga di berikan naluri berupa hawa nafsu yang harus di cukupi dengan cara yang baik dan benar.

Salah satu cara terbaik untuk menyalurkan hawa nafsu manusia adalah melalui jalan pernikahan.

Penyempurna Agama

Dalam agama islam pernikahan merupakan sebuah penyempurna agama. Di katakan bahwa dengan menikah seorang mukmin telah telah menyempurnakan separuh agamanya.

Dalam hal ini seorang pria dan wanita yang menikah dapat saling menyempurnakan ibadahnya dengan menjalankan semuanya sebagai suami, istri dan orang tua bagi anaknya.

Meningkatkan Ibadah dan Akhlak

Selain sebagai penyempurna agama, pernikahan dalam islam juga dapat meningkatkan ibadah dan akhlak manusia. Dapat di katakan, bahwa pernikahan akan di lakukan oleh seorang laki-laki dan perempuan yang telah berkomitmen untuk berbagi hidup bersama.

Artinya keduanya saling berkomitmen untuk menjaga kehormatan diri agar terhindar dari perbuatan yang di larang oleh agama.

Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Mendapatkan ketenangan jiwa juga menjadi salah satu tujuan dari pernikahan di dalam islam. Ketenangan ini dapat di peroleh jika sepasang insan manusia yang telah merajut rumah tangga saling menjaga satu sama lainnya.

Kasih sayang yang di berikan satu sama lain juga akan memberikan suasana ketenangan di dalam jiwa.

Nah, itulah beberapa tujuan pernikahan dalam islam yang perlu di ketahui oleh setiap calon pasangan pengantin.

Ternyata pernikahan tidak hanya menyatukan dua pasangan dam dua keluarga besar saja. Melainkan juga sebagai sarana untuk beribadah dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *