Kategori
Infonikah

5 Manfaat Menikah dalam Islam yang Perlu Diketahui

Manfaat Menikah dalam Islam – Pada dasarnya menikah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Selain itu bagi seorang muslim yang mampu baik dalam segi keuangan, jasmani maupun rohani maka sangat di anjurkan untuk menikah.

Alasannya selain karena ibadah juga karena terdapat banyak sekali manfaat dalam sebuah pernikahan.

Banyak orang yang tidak menyadari manfaat yang begitu besar dari pernikahan. Selain untuk mendapatkan keturunan, berikut ini kami uraikan beberapa manfaat menikah dalam islam yang luar biasa.

Manfaat Menikah dalam Islam

Mendapatkan Keturunan

Tujuan utama dari sebuah pernikahan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendapatkan keturunan. Dengan memiliki keturunan maka akan semakin melengkapi dan membuat kehidupan jadi lebih menyenangkan, sebab tidak ada hal lain yang dapat menyejukkan hati seorang mukmin selain melihat anak dan istrinya yang bertakwa kepada Allah SWT.

Melengkapi Ibadah

Salah satu mengapa di anjurkannya seorang mukmin untuk menikah adalah untuk melengkapi ibadahnya kepada sang pencipta. Selain itu apapun yang di lakukan oleh suami istri bisa bernilai ibadah dan bahkan malah di lipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Mulai dari mencari nafkah, membesarkan anak hingga melakukan hubungan suami istri semua itu memiliki nilai pahala.

Menghindarkan Diri dari Zina

Memiliki keinginan seksual memang fitrah bagi setiap manusia dan islam tidak melarang apalagi menyuruh untuk menghilangkan nafsu tersebut. Melainkan mengendalikannya dengan baik.

Dengan menkah maka seorang mukmin bisa lebih menundukkan pandangan, menjaga kemaluan serta menjauhkan diri sendiri dari perbuatan zina yang di larang dalam agama islam.

Manfaat Menikah dalam Islam

Membentengi Akhlak

Salah satu tujuan utama menikah dalam islam adalah ntuk menjaga martabat manusia itu sendiri dari perbuatan keji dan kotor yang hanya akan merendahkan martabat manusia.

Dalam islam menikah adalah cara yang paling ampuh untuk memelihara wanita dan laki-laki agar terhindar dari kerusakan dan juga menjaga masyarakat secara luas. Dan inilah salah satu cara untuk membentengi sekaligus meningkatkan akhlak.

Menjalin Silaturahim Antar Keluarga Besar

Menikah tidak hanya menyatukan dua insan yang berbeda dalam ikatan suci, melainkan juga menyatukan dua keluarga besar dari masing-masing pasangan.

Dengan demikian maka akan menambah sanak keluarga, di mana seperti yang kita ketahui jika keutamaan menyambung tali silaturahim adalah dapat menambah rezeki sekaligus memperpanjang umur.

Ternyata ada banyak sekali manfaat menikah dalam islam. Tidak hanya sekedar untuk menambah keturunan saja, melainkan juga sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah dan juga mencari pahala dan keberkahan dariAllah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *